TCP/IP

Posted on

Untuk Minggu Ini Kita Membahas Tentang TCP/IP. Menurut anda

1. Apa Itu TCP/IP
2. Bagai Mana Penyusunan TCP/IP

Diskusikan Menggunkana INternet

Iklan

19 thoughts on “TCP/IP

    Desy Andriani Hasibuan said:
    Oktober 21, 2014 pukul 8:08 pm

    NAma: Desy Andriani Hasibuan
    Kelas: TIM 1301

    Komputer adalah sebuah mesin elektronik yang secara cepat menerima informasi masukan
    digital dan mengolah informasi tersebut menurut seperangkat instruksi yang tersimpan dalam
    komputer dan menghasilkan keluaran informasi yang dihasilkan setelah diolah.Sistem komputer adalah kumpulan dari elemen-elemen komputer (Hardware, software,
    brainware) yang salin berhubungan (terintegrasi) dan saling berinteraksi untuk melakukan
    pengolahan data dengan tujuan menghasilkan informasi sesuai dengan yang diharapkan.

      Desy Andriani Hasibuan said:
      Oktober 21, 2014 pukul 8:24 pm

      NAma:
      Kelas: TIM 1301

      Menurut Kesimpulan saya :
      Pengertian, Arti dan Fungsi TCP / IP, TCP / IP adalah salah satu perangkat lunak jaringan komputer (networking software) yang terdapat dalam sistem, dan dipergunakan dalam komunikasi data dalam local area network (LAN) maupun Internet.
      TCP singkatan dari Transmission Control Protocol dan IP singkatan dari Internet Protocol. TCP/IP menjadi satu nama karena fungsinya selalu bergandengan satu sama lain dalam komunikasi data.

      Nb: Tugas yang sebenarnya 馃檪

    Mardiani Hasibuan said:
    Oktober 21, 2014 pukul 8:20 pm

    Nama: Mardiani Hasibuan
    Kelas: TIM 1301
    Menurut Kesimpulan saya :

    TCP/IP adalah sebuah perangkat lunak jaringan komputer yang terdapat dalam satu sistem dan memungkinkan komputer satu dengan komputer lain dapat mentransfer data dalam satu grup network/jaringan. TCP singkatan dari Transmission Control Protocol dan IP singkatan dari Internet Protocol. TCP/IP menjadi satu nama karena fungsinya selalu bergandengan satu sama lain dalam komunikasi data.

    Jika bit pertama dari sebuah alamat IP adalah angka 0, ini menunjukan network kelas A. Tujuh bit berikutnya menunjukan identitas network, dan 24 bit terakhir menunjukan identitas host. Ada 128 buah network kelas , tetapi didalam setiap kelas A bisa terdapat jutaan host.
    Jika bit pertama dari dua angka alamat IP adalah 10, ini menunjukan alamat IP network kelas B. Angka Bit pertama kelas, kemudian 24 bit berikutnya menunjukan identitas alamat network, dan 10 bit berikutnya untuk host. Ada ribuan angka network kelas B dan setiap kelas B dapat berisi ribuan host.
    Jika bit pertama dari tiga bit alamat IP adalah 110, ini merupakan alamat IP kelas C. Tiga bit pertama berupa alamat kelas. 21 bit berikutnya sebagai alamat network, dan 8 bit selanjutnya merupakan identitas host. Ada jutaan network kelas C, dan didalam tiap kelas C ada 254 host.

    Anggi Putri Ayu Siregar said:
    Oktober 21, 2014 pukul 8:27 pm

    Nama: Anggi Putri Ayu Siregar
    Kelas: TIM 1301
    Menurut Kesimpulan saya :

    TCP/IP (singkatan dari Transmission Control Protocol/Internet Protocol) Adalah standar komunikasi data yang digunakan oleh komunitas internet dalam proses tukar-menukar data dari satu komputer ke komputer lain di dalam jaringan Internet.
    Protokol TCP/IP selalu berevolusi seiring dengan waktu, mengingat semakin banyaknya kebutuhan terhadap jaringan komputer dan Internet. Pengembangan ini dilakukan oleh beberapa badan, seperti halnya Internet Society (ISOC), Internet Architecture Board (IAB), dan Internet Engineering Task Force (IETF). Macam-macam protokol yang berjalan di atas TCP/IP, skema pengalamatan, dan konsep TCP/IP didefinisikan dalam dokumen yang disebut sebagai Request for Comments (RFC) yang dikeluarkan oleh IETF.
    Protokol ini menggunakan skema pengalamatan yang sederhana yang disebut sebagai alamat IP (IP Address) yang mengizinkan hingga beberapa ratus juta komputer untuk dapat saling berhubungan satu sama lainnya di Internet.

    Zurmiati said:
    Oktober 21, 2014 pukul 8:31 pm

    Nama: Zurmiati
    Kelas: TIM 1301
    Menurut Kesimpulan saya :
    Pengertian TCP/IP

    TCP/IP (singkatan dari Transmission Control Protocol/Internet Protocol) adalah standar komunikasi data yang digunakan oleh komunitas internet dalam proses tukar-menukar data dari satu komputer ke komputer lain di dalam jaringan Internet. Protokol ini tidaklah dapat berdiri sendiri, karena memang protokol ini berupa kumpulan protokol (protocol suite).
    Protokol TCP/IP dikembangkan pada akhir dekade 1970-an hingga awal 1980-an sebagai sebuah protokol standar untuk menghubungkan komputer-komputer dan jaringan untuk membentuk sebuah jaringan yang luas (WAN). TCP/IP merupakan sebuah standar jaringan terbuka yang bersifat independen terhadap mekanisme transport jaringan fisik yang digunakan, sehingga dapat digunakan di mana saja.
    TCP/IP pun mempunyai beberapa layer, layer-layer itu adalah :
    1. IP (internet protocol) yang berperan dalam pentransmisian paket data dari node ke node. IP mendahului setiap paket data berdasarkan 4 byte (untuk versi IPv4) alamat tujuan (nomor IP). Internet authorities menciptakan range angka untuk organisasi yang berbeda. Organisasi menciptakan grup dengan nomornya untuk departemen. IP bekerja pada mesin gateaway yang memindahkan data dari departemen ke organisasi kemudian ke region dan kemudian ke seluruh dunia.
    2. TCP (transmission transfer protocol) berperan didalam memperbaiki pengiriman data yang benar dari suatu klien ke server. Data dapat hilang di tengah-tengah jaringan. TCP dapat mendeteksi error atau data yang hilang dan kemudian melakukan transmisi ulang sampai data diterima dengan benar dan lengkap.
    3. Sockets yaitu merupakan nama yang diberikan kepada subrutin paket yang menyediakan akses ke TCP/IP pada kebanyakan sistem.

    Ari Zulfadli said:
    Oktober 21, 2014 pukul 8:34 pm

    Nama: Ari Zulfadli
    Kelas: TIM 1301
    Menurut Kesimpulan saya :

    TCP/IP (singkatan dari Transmission Control Protocol/Internet Protocol) Adalah standar komunikasi data yang digunakan oleh komunitas internet dalam proses tukar-menukar data dari satu komputer ke komputer lain di dalam jaringan Internet. Protokol ini tidaklah dapat berdiri sendiri, karena memang protokol ini berupa kumpulan protokol (protocol suite). Protokol ini juga merupakan protokol yang paling banyak digunakan saat ini. Data tersebut diimplementasikan dalam bentuk perangkat lunak (software) di sistem operasi. Istilah yang diberikan kepada perangkat lunak ini adalah TCP/IP stack
    Protokol TCP/IP selalu berevolusi seiring dengan waktu, mengingat semakin banyaknya kebutuhan terhadap jaringan komputer dan Internet. Pengembangan ini dilakukan oleh beberapa badan, seperti halnya Internet Society (ISOC), Internet Architecture Board (IAB), dan Internet Engineering Task Force (IETF). Macam-macam protokol yang berjalan di atas TCP/IP, skema pengalamatan, dan konsep TCP/IP didefinisikan dalam dokumen yang disebut sebagai Request for Comments (RFC) yang dikeluarkan oleh IETF.

    Cindy Rahayu L Tobing said:
    Oktober 21, 2014 pukul 8:36 pm

    Nama: Cindy Rahayu L Tobing
    Kelas: TIM 1301
    Menurut Kesimpulan saya :

    Pengertian TCP / IP Pengertian TCP / IP Adalah sebuah perangkat Lunak Jaringan komputer yang terdapat de un radio de saturaci贸n sistem dan memungkinkan komputer saturaci贸n dengan komputer yacido Dapat de un radio de datos mentransfer grup saturaci贸n de red / Jaringan. Singkatan Protocolo TCP singkatan dari Protocolo de Control de Transmisi贸n dan IP dari Internet. De datos TCP / IP menjadi saturaci贸n nama karena fungsinya selalu bergandengan saturaci贸n sama Dalam yacido Komunikasi. Digunakan untuk Jaringan saturaci贸n fungsi TCP / IP Umumnya TCP / IP pengiriman archivo de un radio. Sering juga TCP / IP dimanfaatkan “login remoto” correo Computer keperluan untuk. Telnet, dll.

    Rahmad Nur said:
    Oktober 21, 2014 pukul 8:45 pm

    Nama:Rahmad Nur
    Kls: TIM1301

    TCP/IP adalah sebuah perangkat lunak jaringan komputer yang terdapat dalam satu sistem dan memungkinkan komputer satu dengan komputer lain dapat mentransfer data dalam satu grup network/jaringan. TCP singkatan dari Transmission Control Protocol dan IP singkatan dari Internet Protocol. TCP/IP menjadi satu nama karena fungsinya selalu bergandengan satu sama lain dalam komunikasi data.Jika bit pertama dari sebuah alamat IP adalah angka 0, ini menunjukan network kelas A. Tujuh bit berikutnya menunjukan identitas network, dan 24 bit terakhir menunjukan identitas host. Ada 128 buah network kelas , tetapi didalam setiap kelas A bisa terdapat jutaan host.Jika bit pertama dari dua angka alamat IP adalah 10, ini menunjukan alamat IP network kelas B. Angka Bit pertama kelas, kemudian 24 bit berikutnya menunjukan identitas alamat network, dan 10 bit berikutnya untuk host. Ada ribuan angka network kelas B dan setiap kelas B dapat berisi ribuan host.Jika bit pertama dari tiga bit alamat IP adalah 110, ini merupakan alamat IP kelas C. Tiga bit pertama berupa alamat kelas. 21 bit berikutnya sebagai alamat network, dan 8 bit selanjutnya merupakan identitas host. Ada jutaan network kelas C, dan didalam tiap kelas C ada 254 host.

    dedi lesmana said:
    Oktober 21, 2014 pukul 9:21 pm

    NAMA : DEDI LESMANA
    KELAS : Tim 1301

    1. Pengertian TCP/IP
    TCP/IP adalah penghubung antar komputer…yang terkait satu sama lain..untuk berbagi data ….atau sistem yang memungkinkan komputer satu dengan komputer lain dapat mentransfer data dalam satu tempat network/jaringan. seperti hal nya warnet…komputer di kantor..dan banyak contoh lain ny

    2. Penyusunan TCP/IP
    sebelum membuat susunan kabel utp ..sediakan alat terlebih dahulu
    1.RJ 45 untuk konektor
    2.Craping tool
    3.tester

    Penyusunan kabel Straight
    Kupas bagian ujung kabel UTP, kira-kira 2 cm
    Buka pilinan kabel, luruskan dan urutankan kabel sesuai standar TIA/EIA 368B
    Setelah urutannya sesuai standar, potong dan ratakan ujung kabel,
    Masukan kabel yang sudah lurus dan sejajar tersebut ke dalam konektor RJ-45, dan pastikan semua kabel posisinya sudah benar.
    Lakukan crimping menggunakan crimping tools, tekan crimping tool dan pastikan semua pin (kuningan) pada konektor RJ-45 sudah 鈥渕enggigit鈥 tiap-tiap kabel.
    Setelah selesai pada ujung yang satu, lakukan lagi pada ujung yang lain
    Langkah terakhir adalah menge-cek kabel yang sudah kita buat tadi dengan menggunakan LAN tester, caranya masukan masing-masing ujung kabel (konektor RJ-45) ke masing2 port yang tersedia pada LAN tester, nyalakan dan pastikan semua lampu LED menyala sesuai dengan urutan kabel yang kita buat.
    Dibawah ini adalah contoh ujung kabel UTP yang telah terpasang konektor RJ-45 dengan benar, selubung kabel (warna biru) ikut masuk kedalam konektor, urutan kabel dari kiri ke kanan (pada gambar dibawah ini urutan pin kabel dimulai dari atas ke bawah).

    Susunan warna

    Orange Putih pada Pin 1
    Orange pada Pin 2
    Hijau Putih pada Pin 3
    Biru pada Pin 4
    Biru Putih pada Pin 5
    Hijau pada Pin 6
    Coklat Putih pada Pin 7
    Coklat pada Pin 8.

    saparrudin siregar said:
    Oktober 21, 2014 pukul 9:24 pm

    NAMA : Saparrudin Siregar
    KELAS : Tim 1301

    1. Pengertian TCP/IP
    TCP/IP adalah media penghubung antar komputer鈥ang satu sama lain..untukdapatsaling berbagi data 鈥.atau sistem yang memungkinkan komputer satu dengan komputer lain dapat mentransfer data dalam satu tempat network/jaringan. seperti hal nya warnet鈥
    2. Penyusunan TCP/IP
    sebelum membuat susunan kabel utp ..sediakan alat terlebih dahulu
    1.RJ 45 untuk konektor
    2.Craping tool
    3.tester

    Penyusunan kabel Straight
    Kupas bagian ujung kabel UTP, kira-kira 2 cm
    Buka pilinan kabel, luruskan dan urutankan kabel sesuai standar TIA/EIA 368B
    Setelah urutannya sesuai standar, potong dan ratakan ujung kabel,
    Masukan kabel yang sudah lurus dan sejajar tersebut ke dalam konektor RJ-45, dan pastikan semua kabel posisinya sudah benar.
    Lakukan crimping menggunakan crimping tools, tekan crimping tool dan pastikan semua pin (kuningan) pada konektor RJ-45 sudah 鈥渕enggigit鈥 tiap-tiap kabel.
    Setelah selesai pada ujung yang satu, lakukan lagi pada ujung yang lain
    Langkah terakhir adalah menge-cek kabel yang sudah kita buat tadi dengan menggunakan LAN tester, caranya masukan masing-masing ujung kabel (konektor RJ-45) ke masing2 port yang tersedia pada LAN tester, nyalakan dan pastikan semua lampu LED menyala sesuai dengan urutan kabel yang kita buat.
    Dibawah ini adalah contoh ujung kabel UTP yang telah terpasang konektor RJ-45 dengan benar, selubung kabel (warna biru) ikut masuk kedalam konektor, urutan kabel dari kiri ke kanan (pada gambar dibawah ini urutan pin kabel dimulai dari atas ke bawah).

    Susunan warna

    Orange Putih pada Pin 1
    Orange pada Pin 2
    Hijau Putih pada Pin 3
    Biru pada Pin 4
    Biru Putih pada Pin 5
    Hijau pada Pin 6
    Coklat Putih pada Pin 7
    Coklat pada Pin 8.

    ibnu harsa harahap said:
    Oktober 21, 2014 pukul 9:25 pm

    NAMA : Ibnu Harsa Hrp
    KELAS : Tim 1301

    1. Pengertian TCP/IP
    TCP/IP adalah media penghubung antar komputer鈥ang satu sama lain..untukdapatsaling berbagi data 鈥.atau sistem yang memungkinkan komputer satu dengan komputer lain dapat mentransfer data dalam satu tempat network/jaringan. seperti hal nya warnet鈥
    2. Penyusunan TCP/IP
    sebelum membuat susunan kabel utp ..sediakan alat terlebih dahulu
    1.RJ 45 untuk konektor
    2.Craping tool
    3.tester

    Penyusunan kabel Straight
    Kupas bagian ujung kabel UTP, kira-kira 2 cm
    Buka pilinan kabel, luruskan dan urutankan kabel sesuai standar TIA/EIA 368B
    Setelah urutannya sesuai standar, potong dan ratakan ujung kabel,
    Masukan kabel yang sudah lurus dan sejajar tersebut ke dalam konektor RJ-45, dan pastikan semua kabel posisinya sudah benar.
    Lakukan crimping menggunakan crimping tools, tekan crimping tool dan pastikan semua pin (kuningan) pada konektor RJ-45 sudah 鈥渕enggigit鈥 tiap-tiap kabel.
    Setelah selesai pada ujung yang satu, lakukan lagi pada ujung yang lain
    Langkah terakhir adalah menge-cek kabel yang sudah kita buat tadi dengan menggunakan LAN tester, caranya masukan masing-masing ujung kabel (konektor RJ-45) ke masing2 port yang tersedia pada LAN tester, nyalakan dan pastikan semua lampu LED menyala sesuai dengan urutan kabel yang kita buat.
    Dibawah ini adalah contoh ujung kabel UTP yang telah terpasang konektor RJ-45 dengan benar, selubung kabel (warna biru) ikut masuk kedalam konektor, urutan kabel dari kiri ke kanan (pada gambar dibawah ini urutan pin kabel dimulai dari atas ke bawah).

    Susunan warna

    Orange Putih pada Pin 1
    Orange pada Pin 2
    Hijau Putih pada Pin 3
    Biru pada Pin 4
    Biru Putih pada Pin 5
    Hijau pada Pin 6
    Coklat Putih pada Pin 7
    Coklat pada Pin 8.

    muhamad syaputra said:
    Oktober 21, 2014 pukul 9:26 pm

    NAMA : Muhammad syahputra
    KELAS : Tim 1301

    1. Pengertian TCP/IP
    TCP/IP adalah media penghubung antar komputer鈥ang satu sama lain..untukdapatsaling berbagi data 鈥.atau sistem yang memungkinkan komputer satu dengan komputer lain dapat mentransfer data dalam satu tempat network/jaringan. seperti hal nya warnet鈥
    2. Penyusunan TCP/IP
    sebelum membuat susunan kabel utp ..sediakan alat terlebih dahulu
    1.RJ 45 untuk konektor
    2.Craping tool
    3.tester

    Penyusunan kabel Straight
    Kupas bagian ujung kabel UTP, kira-kira 2 cm
    Buka pilinan kabel, luruskan dan urutankan kabel sesuai standar TIA/EIA 368B
    Setelah urutannya sesuai standar, potong dan ratakan ujung kabel,
    Masukan kabel yang sudah lurus dan sejajar tersebut ke dalam konektor RJ-45, dan pastikan semua kabel posisinya sudah benar.
    Lakukan crimping menggunakan crimping tools, tekan crimping tool dan pastikan semua pin (kuningan) pada konektor RJ-45 sudah 鈥渕enggigit鈥 tiap-tiap kabel.
    Setelah selesai pada ujung yang satu, lakukan lagi pada ujung yang lain
    Langkah terakhir adalah menge-cek kabel yang sudah kita buat tadi dengan menggunakan LAN tester, caranya masukan masing-masing ujung kabel (konektor RJ-45) ke masing2 port yang tersedia pada LAN tester, nyalakan dan pastikan semua lampu LED menyala sesuai dengan urutan kabel yang kita buat.
    Dibawah ini adalah contoh ujung kabel UTP yang telah terpasang konektor RJ-45 dengan benar, selubung kabel (warna biru) ikut masuk kedalam konektor, urutan kabel dari kiri ke kanan (pada gambar dibawah ini urutan pin kabel dimulai dari atas ke bawah).

    Susunan warna

    Orange Putih pada Pin 1
    Orange pada Pin 2
    Hijau Putih pada Pin 3
    Biru pada Pin 4
    Biru Putih pada Pin 5
    Hijau pada Pin 6
    Coklat Putih pada Pin 7
    Coklat pada Pin 8.

    eri sanjaya said:
    Oktober 21, 2014 pukul 9:27 pm

    NAMA : ery sanjaya
    KELAS : Tim 1301

    1. Pengertian TCP/IP
    TCP/IP adalah media penghubung antar komputer鈥ang satu sama lain..untukdapatsaling berbagi data 鈥.atau sistem yang memungkinkan komputer satu dengan komputer lain dapat mentransfer data dalam satu tempat network/jaringan. seperti hal nya warnet鈥
    2. Penyusunan TCP/IP
    sebelum membuat susunan kabel utp ..sediakan alat terlebih dahulu
    1.RJ 45 untuk konektor
    2.Craping tool
    3.tester

    Penyusunan kabel Straight
    Kupas bagian ujung kabel UTP, kira-kira 2 cm
    Buka pilinan kabel, luruskan dan urutankan kabel sesuai standar TIA/EIA 368B
    Setelah urutannya sesuai standar, potong dan ratakan ujung kabel,
    Masukan kabel yang sudah lurus dan sejajar tersebut ke dalam konektor RJ-45, dan pastikan semua kabel posisinya sudah benar.
    Lakukan crimping menggunakan crimping tools, tekan crimping tool dan pastikan semua pin (kuningan) pada konektor RJ-45 sudah 鈥渕enggigit鈥 tiap-tiap kabel.
    Setelah selesai pada ujung yang satu, lakukan lagi pada ujung yang lain
    Langkah terakhir adalah menge-cek kabel yang sudah kita buat tadi dengan menggunakan LAN tester, caranya masukan masing-masing ujung kabel (konektor RJ-45) ke masing2 port yang tersedia pada LAN tester, nyalakan dan pastikan semua lampu LED menyala sesuai dengan urutan kabel yang kita buat.
    Dibawah ini adalah contoh ujung kabel UTP yang telah terpasang konektor RJ-45 dengan benar, selubung kabel (warna biru) ikut masuk kedalam konektor, urutan kabel dari kiri ke kanan (pada gambar dibawah ini urutan pin kabel dimulai dari atas ke bawah).

    Susunan warna

    Orange Putih pada Pin 1
    Orange pada Pin 2
    Hijau Putih pada Pin 3
    Biru pada Pin 4
    Biru Putih pada Pin 5
    Hijau pada Pin 6
    Coklat Putih pada Pin 7
    Coklat pada Pin 8.

    nama: sophan azeem hrp kelas TIM 1301 said:
    Oktober 21, 2014 pukul 9:42 pm

    1. Pengertian TCP/IP
    TCP/IP adalah media penghubung antar komputer鈥ang satu sama lain..untukdapatsaling berbagi data 鈥.atau sistem yang memungkinkan komputer satu dengan komputer lain dapat mentransfer data dalam satu tempat network/jaringan. seperti hal nya warnet鈥
    2. Penyusunan TCP/IP
    sebelum membuat susunan kabel utp ..sediakan alat terlebih dahulu
    1.RJ 45 untuk konektor
    2.Craping tool
    3.tester

    Penyusunan kabel Straight
    Kupas bagian ujung kabel UTP, kira-kira 2 cm
    Buka pilinan kabel, luruskan dan urutankan kabel sesuai standar TIA/EIA 368B
    Setelah urutannya sesuai standar, potong dan ratakan ujung kabel,
    Masukan kabel yang sudah lurus dan sejajar tersebut ke dalam konektor RJ-45, dan pastikan semua kabel posisinya sudah benar.
    Lakukan crimping menggunakan crimping tools, tekan crimping tool dan pastikan semua pin (kuningan) pada konektor RJ-45 sudah 鈥渕enggigit鈥 tiap-tiap kabel.
    Setelah selesai pada ujung yang satu, lakukan lagi pada ujung yang lain
    Langkah terakhir adalah menge-cek kabel yang sudah kita buat tadi dengan menggunakan LAN tester, caranya masukan masing-masing ujung kabel (konektor RJ-45) ke masing2 port yang tersedia pada LAN tester, nyalakan dan pastikan semua lampu LED menyala sesuai dengan urutan kabel yang kita buat.
    Dibawah ini adalah contoh ujung kabel UTP yang telah terpasang konektor RJ-45 dengan benar, selubung kabel (warna biru) ikut masuk kedalam konektor, urutan kabel dari kiri ke kanan (pada gambar dibawah ini urutan pin kabel dimulai dari atas ke bawah).

    Susunan warna

    Orange Putih pada Pin 1
    Orange pada Pin 2
    Hijau Putih pada Pin 3
    Biru pada Pin 4
    Biru Putih pada Pin 5
    Hijau pada Pin 6
    Coklat Putih pada Pin 7
    Coklat pada Pin 8.

    RAmini said:
    Oktober 21, 2014 pukul 10:15 pm

    Nama:ramini
    Kelas Tim 1301
    TCP/IP adalah sebuah sistem protokol(sekumpulan protokol yang mendukung komunikasi dalam jaringan/network).
    TCP/IP dan protokol yang berkaitan membentuksebuah sistem yang komplityang mendefinisikan bagaimana seharusnya data di proses,dikirim, dan diterima dalam suatu jaringan TCP/IP.
    Fitur TCP/IP:
    -Logical addressing
    -routing
    -name service
    -error control dan flow control
    -application support
    Beberapa organisasi yang berjasa dalam pengembangan TCP/IP internet.
    1.Internet advisory board
    2.Internet engineering task force
    3. Internet research task force
    4.Interner corporation for assigned names and numbers(ICANN)
    5.Internic

    PENYUSUNAN TCP/IP
    Sediakan:
    1.Tester
    2.RJ45 untuk konektor
    3.Craping tool
    Cara:
    -kupas bagian ujung kabel kira-kira 2cm.
    -buka dan luruskan kabel serta urutkan kabel
    Adapun urutan kabel yaitu:
    1.Orange putih pin (1)
    2.Orange pin (2)
    3.Hijau putih pin (3)
    4.Biru pin(4)
    5.Biru putih pin (5)
    6. Hijau pin(6)
    7.coklat putih pin (7)
    8.Coklat pin (8)
    -setelah kabel sudah berurutan dan sejajar masukkan ke dalam konektor RJ 45 dan lakukan crimping tool
    -pastikan pin pada kinektor telah menggigit semua kabel
    -cek kabel yang sudah di buat menggunakan kabel Lan taster.

    Thx

    nama: sophan azeem hrp kelas TIM 1301 said:
    Oktober 21, 2014 pukul 10:54 pm

    1.TCP/IP Merupkan singkatan dari transmission control protocol/internet protocol adalah standar komunikasi data yg digunakan komunitas internet dalam proses tukar menukar data dari satu komputer ke komputer lain di dalam jaringan komputer

    2.CARA MEMBUAT TCP/IP PADA KOMPUTER

    Konfigurasi Alamat IP (Internet Protocol / TCP IP )
    Agar dapat saling berkomunikasi , masing 鈥 masing komputer harus diberi alamai IP
    鈥 Masuk ke Network Connection (Start鈥>Control Panel 鈥>Network Connection )
    鈥 Pilih/dobel klik Local Area Connection
    鈥 Dobel klik pada Internet Protocol (TCP / IP)
    鈥 Klik Use The following IP address, kemudian isi IP address dan subnet Mask
    Misal,
    komputer1 IP Address : 192.168.0.1
    komputer2 IP Address : 192.168.0.2
    komputer3 IP Address : 192.168.0.3
    komputer4 IP Address : 192.168.0.4
    dst..
    Subnet Mask harus sama : 255.255.255.0
    Untuk mengetahui berhasil tidaknya koneksi lakukan perintah ping dari komputer satu ke komputer lainnya
    Misal dari komputer1 ke komputer2 :
    鈥 Di Komputer1 : Klik Start 鈥>Klik Run鈥>ketik CMD 鈥> klik OK, maka akan tampil Command Prompt
    鈥 Ketik ping 192.168.0.2 tekan enter
    harus ada Reply dari komputer2
    鈥akukan perintah yang sama untuk mengetahui koneksi ke komputer yang lainnya.

    Arifin Syahputra said:
    Oktober 22, 2014 pukul 5:00 am

    1.TCP/IP adalah satu perangkat lunak jaringan komputer yang terdapat dalam sistem,dan di pergunakan dalam komunikasi dalam local area Network (LAN) maupun internet.
    TCP singkatan dari Transmission Control Protocol,sedangkan IP singkatan dari Internet protocol.
    2.cara menyusun TCP/IP sebagai berikut:
    – Masuk ke network connection (start->control panel- >network connection)
    -Pilih/dobel klik local area connection
    -dobel klik pada internet protocol (TCP/IP)
    -klik use the following IP address,kemudian isi IP address dan subnet Mask.
    Misalnya:
    Komputer1 IP address :192.168.01
    Komputer2 IP address :192.168.02
    Komputer3 IP address :192.168.03
    komputer4 IP address :192.168.04 dan seterusnya..
    Subnet Mask harus sama :255.255.255.0
    Untuk mengetahui berhasil tidaknya koneksi lakukan perintah Ping dari komputer satu ke komputer yang lainnya.
    Misalnya..
    -Di komputer1 :klik star->klik run->klik cmd->klk ok
    maka akan tampil command prompt
    -Ketik Ping 192.168.02 tekan enter
    harus ada Reply dari komputer 2
    -Lakukan perintah yang sama untuk mengetahui koneksi komputer yang lainnya.

    nama :eri sanjaya said:
    Oktober 22, 2014 pukul 9:55 am

    1.TCP/IP adalah satu perangkat lunak jaringan komputer yang terdapat dalam sistem,dan di pergunakan dalam komunikasi dalam local area Network (LAN) maupun internet.
    TCP singkatan dari Transmission Control Protocol,sedangkan IP singkatan dari Internet protocol.
    2.cara menyusun TCP/IP sebagai berikut:
    鈥 Masuk ke network connection (start->control panel- >network connection)
    -Pilih/dobel klik local area connection
    -dobel klik pada internet protocol (TCP/IP)
    -klik use the following IP address,kemudian isi IP address dan subnet Mask.
    Misalnya:
    Komputer1 IP address :192.168.01
    Komputer2 IP address :192.168.02
    Komputer3 IP address :192.168.03
    komputer4 IP address :192.168.04 dan seterusnya..
    Subnet Mask harus sama :255.255.255.0
    Untuk mengetahui berhasil tidaknya koneksi lakukan perintah Ping dari komputer satu ke komputer yang lainnya.
    Misalnya..
    -Di komputer1 :klik star->klik run->klik cmd->klk ok
    maka akan tampil command prompt
    -Ketik Ping 192.168.02 tekan enter
    harus ada Reply dari komputer 2
    -Lakukan perintah yang sama untuk mengetahui koneksi komputer yang lainnya

    Nama:Hariono kelas:TIM 1301 said:
    Oktober 22, 2014 pukul 10:08 pm

    1.TCP/IP (singkatan dari Transmission Control Protocol/Internet Protocol) Adalah standar komunikasi data yang digunakan oleh komunitas internet dalam proses tukar-menukar data dari satu komputer ke komputer lain di dalam jaringan Internet. Protokol ini tidaklah dapat berdiri sendiri, karena memang protokol ini berupa kumpulan protokol (protocol suite).

    2. Penyusunan TCP/IP
    sebelum membuat susunan kabel utp ..sediakan alat terlebih dahulu
    1.RJ 45 untuk konektor
    2.Craping tool
    3.tester

    Penyusunan kabel Straight
    Kupas bagian ujung kabel UTP, kira-kira 2 cm
    Buka pilinan kabel, luruskan dan urutankan kabel sesuai standar TIA/EIA 368B
    Setelah urutannya sesuai standar, potong dan ratakan ujung kabel,
    Masukan kabel yang sudah lurus dan sejajar tersebut ke dalam konektor RJ-45, dan pastikan semua kabel posisinya sudah benar.
    Lakukan crimping menggunakan crimping tools, tekan crimping tool dan pastikan semua pin (kuningan) pada konektor RJ-45 sudah 鈥渕enggigit鈥 tiap-tiap kabel.
    Setelah selesai pada ujung yang satu, lakukan lagi pada ujung yang lain
    Langkah terakhir adalah menge-cek kabel yang sudah kita buat tadi dengan menggunakan LAN tester, caranya masukan masing-masing ujung kabel (konektor RJ-45) ke masing2 port yang tersedia pada LAN tester, nyalakan dan pastikan semua lampu LED menyala sesuai dengan urutan kabel yang kita buat.
    Dibawah ini adalah contoh ujung kabel UTP yang telah terpasang konektor RJ-45 dengan benar, selubung kabel (warna biru) ikut masuk kedalam konektor, urutan kabel dari kiri ke kanan (pada gambar dibawah ini urutan pin kabel dimulai dari atas ke bawah).

    Susunan warna

    Orange Putih pada Pin 1
    Orange pada Pin 2
    Hijau Putih pada Pin 3
    Biru pada Pin 4
    Biru Putih pada Pin 5
    Hijau pada Pin 6
    Coklat Putih pada Pin 7
    Coklat pada Pin 8.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s